• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com



Loading...
Loading...
Loading...

Tes Kesehatan Mandiri di Rumah, Cobalah Lakukan 3 Cara Ini selama 30 Detik!

Selasa, 30 November 2021 | 08:48 WIB
Ilustrasi tes kesehatan (Shutterstock)
Loading...
Loading...

KlikBabel.com - Pemeriksaan kesehatan rutin sangat penting untuk kehidupan Anda. Tes kesehatan ini bisa membantu Anda mendeteksi masalah kesehatan yang mendasar sejak dini.

Diagnosis medis sangat aman dan akurat untuk membantu mendeteksi masalah kesehatan Anda. Sehingga, seseorang harus menjalani pemeriksaan kesehatan setidaknya sekali setiap tahun.

Sebab, beberapa masalah kesehatan bisa mengancam jiwa. Tapi, tanda-tandanya baru terlihat ketika penyakit itu sudah menyebar atau menyebabkan kerusakan organ tubuh.

Sayangnya, banyak orang tak peduli pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin karena faktor biaya atau lainnya. Padahal dilansir dari Times of India, ada pemeriksaan kesehatan secara mandiri selama 30 detik di rumah bisa menjadi alternatif.

1. Tangan mengepal lalu meremas atau menekannya

Dalam tes pemeriksaan ini, tekuk jari-jari Anda hingga membentuk kepalan. Kemudian, remas tangan dan tahan posisi ini selama 30 detik. Setelah Anda melepaskan tangan Anda, Anda akan melihat bahwa telapak tangan Anda menjadi sedikit lebih putih dari sebelumnya.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya aliran darah. Jadi, tunggu dan amati telapak tangan Anda serta hitung durasi yang dibutuhkan untuk warna telapak tangan kembali seperti semula.

Jika Anda mengalami mati rasa dan warna telapak tangan membutuhkan waktu lama untuk kembali bisa menandakan arterisklerosis, suatu kondisi di mana pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh menjadi tebal dan keras.

2. Tekan akar kuku

Cobalah tekan akar kuku Anda selama 5 detik, mirip dengan tes pemeriksaan sebelumnya. Kuku akan cenderung lebih putih dari sebelumnya.

Tapi, warna kuku biasanya akan langsung kembali seperti semula tidak lebih dari 3 detik. Jika Anda merasa sakit dan tidak nyaman, kondisi ini mungkin disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan.

Nyeri ibu jari bisa menandakan masalah pernapasan, jari telunjuk bisa menunjukkan masalah yang berhubungan dengan usus besar atau sistem pencernaan, jari tengah menandakan masalah kardiovaskular, jari manis bisa menandakan masalah jantung dan jari kelingking bisa menandakan masalah usus kecil.

3. Angkat kaki dan tahan

Pada tes ini, berbaringlah telentang di lantai dengan wajah menghadap ke lantai dan tangan lurus sejajar dengan tubuh. Perlahan angkat kedua kaki bersama-sama dan istirahatkan tubuh di lantai.

Jika Anda bisa menahan posisi ini selama 30 detik, maka tidak ada masalah kesehatan dalam tubuh. Jika tidak, mungkin ada masalah dengan perut atau tulang belakang bagian bawah.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com