• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com



Loading...
Loading...
Loading...

Ketua Satgas IDI Ungkap Keamanan Vaksin Booster Covid-19

Kamis, 18 November 2021 | 14:44 WIB
Profesor Zubairi Djoerban (YouTube/ProfesorZubairi)
Loading...
Loading...

KlikBabel.com - Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban meminta masyarakat tidak khawatir dengan efek samping dari penyuntikkan dosis ketiga atau booster Vaksin Covid-19.

Zubairi mengatakan, dirinya sebagai tenaga kesehatan sudah mendapatkan booster, namun tetap aman meski sudah lanjut usia dan memiliki sejumlah riwayat penyakit.

"Saya sudah divaksinasi satu dua kali dengan Sinovac dan satu kali dengan Moderna. Jadi, untuk sekedar informasi agar orang tidak takut usia saya hampir 75 tahun, dan sudah vaksinasi tiga kali padahal usia lanjut. Padahal aku ada diabet, darah tinggi, dan pernah operasi jantung by pass," kata Zubairi dalam diskusi FMB9-KPCPEN, Kamis (18/11/2021).

Oleh sebab itu, dia menegaskan, nanti ketika pemerintah sudah membolehkan masyarakat luas mendapatkan vaksin booster maka dianjurkan untuk segera divaksin agar terlindung dari Covid-19.

"Booster ini memang gunanya untuk melindungi terutama bagi usia-usia lanjut dan orang-orang yang rentan," katanya.

"Jadi artinya, vaksin dua kali aman, vaksin tiga kali booster aman dan efektif itu yang paling penting," sambung Zubairi.

Diketahui, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksinasi booster untuk masyarakat umum selain tenaga kesehatan akan dilakukan setelah 50 persen total sasaran vaksin sudah mendapatkan vaksin dosis kedua

Rencananya vaksin booster akan diprioritaskan lebih dulu untuk lansia karena risiko penularan lansia lebih tinggi.

Nantinya pemberian vaksin booster juga akan dilakukan secara gratis atau pembiayaan ditanggung negara, khusus untuk masyarakat penerima bantuan iuran (PBI), yang lain bayar.

"Jadi mohon maaf bapak ibu anggota DPR yang memang penghasilannya cukup nanti kita minta bayar sendiri, dan itu nanti akan dibuka boleh pilih mau yang mana," kata Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Senin (8/11/2021).

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com