• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com



Loading...
Loading...
Loading...

Deretan Tanaman Herbal Ini Dipercaya Bantu Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes, Apa Saja?

Minggu, 13 Juni 2021 | 14:59 WIB
Ilustrasi Pengobatan Herbal. (Shutterstock)
Loading...
Loading...

KlikBabel.com - Diabetes seringkali disebut sebagai penyakit yang tida bisa sembuh seumur hidup. Untuk itu, upaya yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan kontrol gula darah agar tidak tinggi.

Salah satunya dengan membatasi konsumsi makanan tertenu hingga melakukan pola hidup sehat seperti olahraga. Tapi, tahukan bahwa ada sejumlah tanaman herbal yang dipercaya, mampu membantu untuk mengontrol diabetes.

Lalu, apa saja daftarnya? Dikutip dari TanamanObat.id berikut tanamab herbal yang bisa membantu.

Mahkota dewa

Mahkota dewa kaya akan antioksidan yang dipercaya dapat menstabilkan gula darah. Berdasarkan jurnal Pengaruh Kandungan Saponin dalam Daging Buah Mahkota Dewa Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Rendah, mahkota dewa memiliki sejumlah senyawa aktif. Antara lain alkaloid, saponin, flavonoid, polifenol, dan tanin.

Jahe

Jahe dipercaya efektif mengobati penyintas diabetes tipe 2, sebab jahe dapat menurunkan kadar gula darah. Meski demikian, jahe tidak bisa menurunkan kadar insulin dadlam darah

Jintan hitam

Jintan hitam dapat menghambat metabolisme glukosa pada hati, sehingga efek ini bisa menurunkan gula darah.

Lidah buaya

Lidah buaya terbukti dapat membantu memperbaiki sel-sel di organ pankreas. Ini bertugas untuk memproduksi insulin yang sangat penting dalam menjaga kadar gula darah.

Pare

Lewat kandungan peptide, alkaloid, charantin, dan vicine, pare ampuh mengobati pasien melitus tipe 2.

Sambiloto

Tanaman sambiloto memiliki rasa yang pahit. Meski begitu, kandungan andrografolida pada sambiloto dikatakan ampuh menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Beras merah

Beras merah memiliki kandungan indeks glikemik yang sedang, bahkan berass merah sangat direkomendasikan dalam pengobatan herbal diabetes.

Kulit manggis

Kulit manggis dyakini dapat mengobati penyakit diabetes. Karena itu, kulit manggis memiliki kandungan xanthone yang bisa menurunkan resistensi tubuh terhadap gula darah

Bawang putih

Lewat zat high-density lipoprotein yang terkandung pada bawang putih, dikatakan dapat meningkatkan produksi kolestrol baik. Sehingga, bawang putih bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com