• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Link Streaming Peluncuran 4 Astronot SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa

Jumat, 23 April 2021 | 08:21 WIB
Astronot NASA dan SpaceX yang siap dikirim ke ISS. [Aubrey Gemignani/NASA/AFP]

KlikBabel.com - SpaceX akan meluncurkan empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Jumat (23/4/2021) waktu setempat.

Rencana ini merupakan penerbangan awak operasional kedua untuk NASA dan siapa pun dapat menyaksikan peluncurannya secara online.

Misi yang dikenal sebagai Crew-2 ini dijadwalkan meluncur dari Kennedy Space Center (KSC) NASA pada pukul 5:49 pagi EDT atau sekitar 16:49 WIB.

Peluncuran akan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX yang membawa kapsul Crew Dragon.

Untuk menyaksikannya secara langsung, NASA memberikan akses live streaming yang dapat dilihat di situs resminya https://www.nasa.gov/nasalive dan dari halaman tersebut akan diarahkan menuju saluran YouTube NASA. Live streaming akan dimulai pada pukul 1:30 pagi EDT atau sekitar 12:30 WIB.

Para pejabat mengatakan bahwa cuaca di lokasi peluncuran kemungkinan akan baik, dengan tingkat kemungkinan kondisi yang menguntungkan untuk lepas landas sebesar 90 persen.

Jika misi tidak dapat dilakukan pada Jumat, upaya peluncuran akan diundur pada Senin (26/4/2021).

Crew-2 adalah peluncuran ke-11 tahun ini untuk SpaceX dan misi awak ketiga perusahaan secara keseluruhan sebagai bagian dari Program Kru Komersial NASA.

Peluncuran sebelumnya, Demo-2 yang diluncurkan pada Mei 2020 membawa dua astronot NASA dalam misi uji coba ke ISS. Sementara itu, misi setelahnya merupakan Crew-1 yang lepas landas pada November lalu.

Dilansir dari SpaceX, Jumat (23/4/2021), Crew-2 membawa dua astronot NASA dan dua pesawat luar angkasa internasional.

Misi ini dipimpin oleh Shane Kimbrough dan Megan McArthur (NASA), membawa astronot dari Badan Antariksa Eropa (ESA) Thomas Pesquet dan Akihiko Hoshide dari Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA).

Misi ini merupakan pertama kalinya tiga agensi meluncur ke ISS sejak 2002 di Space Shuttle Endeavour.

Para astronot Crew-2 tiba di KSC pada 16 April, menghabiskan seminggu untuk mempersiapkan penerbangan, melakukan gladi bersih pada 18 April.

Kemudian pada 20 April, NASA dan SpaceX secara resmi mengizinkan lepas landas selama tinjauan kesiapan peluncuran.

Jika penerbangan hari ini berhasil dilakukan, keempat astronot tersebut akan tiba di ISS pada Sabtu (24/4/2021).

 

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com