• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gubernur Serahkan Zakat ASN Pemprov Babel Kepada 100 Orang Mustahik di Masjid Al-Ihram

Kamis, 22 April 2021 | 17:21 WIB
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah menyerahkan santunan zakat sebesar Rp500 ribu per orang, kepada 100 orang mustahik di Masjid Al-Ihram, Tanjungpandan Belitung, Kamis (22/04/2021).

KlikBabel.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah menyerahkan santunan zakat sebesar Rp500 ribu per orang, kepada 100 orang mustahik di Masjid Al-Ihram, Tanjungpandan Belitung, Kamis (22/04/2021).

Para mustahik pun tersenyum sumringah saat menerima santunan zakat secara simbolik dari Gubernur Erzaldi. Zakat ini dihimpun melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Babel.

Sembari menyerahkan zakat, Gubernur Erzaldi mengingatkan agar zakat tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya dengan membelikan barang-barang yang bermanfaat.

“Setelah menerima zakat ini, jangan digunakan untuk membeli rokok. Belikanlah barang-barang yang bermanfaat. Semoga apa yang diterima menjadi berkah,” ujar gubernur.

Setelah menerima zakat tersebut, para mustahik pun memanjatkan doa bersama-sama sebagai wujud ungkapan rasa syukur.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Abdul Fatah menjelaskan bahwa pemberian zakat ini berasal dari Pemprov. Babel yang bersumber dari penghasilan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disisihkan.

“Setiap bulan, kami (ASN) memang menyisihkan penghasilan kami untuk dijadikan zakat. Kemudian zakat tersebut dihimpun di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” terang Wagub Abdul Fatah.

Wagub mengatakan bahwa kegiatan penyerahan zakat ini diberikan pada momen bulan Ramadan, dengan cara pemerintah provinsi mengunjungi berbagai masjid yang ada di Bangka Belitung.

Kunjungan berbagai masjid ini tentunya mempermudah alur penyerahan zakat, dengan menyerahkan kepercayaan kepada pengurus masjid untuk membaginya kepada para mustahik.

“Pada saat berbagi kita melihat momennya. Momen yang paling pas sebagai ukuran adalah di bulan Ramadan. Karena itu, selama Ramadan ini akan ada kunjungan pemerintah provinsi di berbagai masjid,” ujar Abdul Fatah.

Kegiatan penyerahan zakat ini turut dihadiri oleh Perwakilan Biro Kesra Setda Babel, Pos Belitung, BAZNAS Belitung, Kepala Dinas Pariwisata Babel, tokoh agama, dan masyarakat sekitar.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com