• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sampah Masker Penuhi Laut, Bumi Hadapi Masalah Baru!

Sabtu, 04 Juli 2020 | 10:56 WIB
Sampah masker berada didasar laut. (Dokumentasi Ocean Magazine)
Loading...

KlikBabel.com – Dilansir dari twitter milik @semestasains, dirinya membagikan potret sampah masker yang menumpuk didasar laut. Hal ini sungguh memprihatinkan, mengingat didalam laut juga terdapat ekosistem laut yang harus dijaga kelestariannya.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memang memiliki masalah dengan cara membuang sampah dengan kuantitas sampah yang juga meningkat karena sebanding dengan banyaknya populasi manusia di Indonesia.

Masih banyak masyarakat Indonesia darurat dalam hal mengolah sampah. Tidak semua masyarakat yang menerapkan mengkualifikasi sampah sesuai dengan jenisnya. Padahal jika dilihat dari jenisnya, sampah terbagi menjadi tiga jenis. Sampah Organik yaitu sampah yang dapat terurai cepat dan dapat diolah menjadi pupuk kompos. Selanjutnya sampah anorganik yaitu sampah yang sulit terurai dan tidak mudah membusuk. Terakhir sampah beracun (B3) yang merupakan sisa bahan kimia yang berbahaya.

Penggunaan masker dalam lima bulan terakhir mengalami peningkatan secara signifikan. Banyak orang menggunakan masker sebagai pelindung dari virus Covid-19. Penggunaan masker sekali buang inilah yang akhirnya menimbulkan masalah baru bagi bumi. Banyak ditemukan bekas masker yang dibuang ke dasar laut. Padahal masalah pembuangan sampah yang lainnya belum menemukan titik terang, tetapi bumi sudah mendapatkan masalah baru yang disebabkan dengan keadaan yang saat ini sedang menimpa seluruh dunia.

Dengan adanya permasalahan baru ini, pemerintah harusnya segera memikirkan solusi untuk segera menangani permasalahan tersebut. Jika salah satu ekosistem terganggu habitatnya, maka ekosistem lainnya tentu akan ikut terganggu juga. Sehingga pentingnya peran pemerintah dan seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian bumi.

 Mg /Mitrya.

Loading...
loading...


Penulis  : Tiwi
Editor    : Rahayu
Sumber : klikbabel.com