• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sidak Bus Toboali, Ditemukan Tak Layak Jalan

Rabu, 29 Mei 2019 | 14:01 WIB
Sidak armada bus yang ada di Terminal Toboali, Bangka Selatan, Rabu (29/5). Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Guna memastikan kenyamanan angkutan mudik Lebaran 2019, armada bus di Terminal Toboali disidak dan dilakukan pengecekan oleh Tim Bidang Perhubungan DPUPRP Basel bersama, Kodim 0413 Bangka, Polres dan Kejari Basel, Selasa (28/5). "Petugas melakukan pengecekan unit kendaraan seperti kelayakan operasional hingga administrasi dengan sample lima unit unit mobil bus sedang. Target pemeriksaan adalah kendaraan angkutan penumpang umum," ujar Kabid Perhubungan Darat DPUPR Basel Khairul.

Dari hasil pengecekan, petugas memastikan lima unit bus tersebut melakukan pelanggaran, baik secara teknis maupun administrasi. Bahkan ada yang tak layak jalan. Padahal seharinya dioperasikan untuk mengangkut penumpang.

"Bus dengan Nopol BN 7501 VU/SLT 416 tak memiliki buku uji dengan alasan dalam tahap perpanjangan. Jumlah tempat duduk tidak sesuai dengan yang tercantum pada buku uji. Bus lain BN 7092 VU lampu rem dan lampu mundur tidak menyala, menggunakan ban vulkanisir," ujarnya."Alias ban bekas yang tentunya membahayakan keselamatan penumpang dan ban depannya yang vulkanisir dan juga buku uji tidak ada. Bus BN 7099 VU/BB 12540 ditemukan pelanggaran berupa lampu mundur tidak menyala. Bus BN 7095 VU kaca depan retak dan wiper tidak ada," sambung dia.

Sedangkan bus Nopol BN 7502 VU tidak memiliki wiper dan STNK ditemukan petugas tidak asli alias foto copy. Atas beberapa pelanggaran, pihaknya memberikan sanksi dan kami himbau untuk segera dilengkapi kelayakan operasionalnya, terutama masalah teknis.

"Untuk persiapan mudik, terdapat 25 armada kendaraan untuk angkutan AKDP, 10 armada angkutan khusus pemandu moda, 5 armada angkutan jemput antar provinsi, dan 5 armada angkutan perdesaan. Pemerintah juga menyiapkan angkutan cadangan armada bus milik pemda sebanyak 4 unit," jelasnya.

loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com