• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dinas PU Basel Serahkan Sepenuhnya IPAL tak Berfungsi di Desa Kepoh ke Pemdes

Selasa, 19 Maret 2019 | 14:51 WIB
Plt Kepala DPUPRP Basel Sormin (kanan) didampingi Kabid Cipta Karya Jasiman. (Foto : Devi Putra/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menyatakan, tidak berfungsinya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berada di desa Kepoh, Kecamatan Toboali diserahkan sepenuhnya ke Pemerintah Desa (Pemdes).

Plt Kepala DPUPRP Basel Sormin didampingi Kabid Cipta Karya Jasiman berdalih, pembangunan IPAL itu sendiri dilakukan pada tahun 2017 lalu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) kegiatan sanitasi berbentuk IPAL yang pelaksanaannya itu dilakukan oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM).

"Artinya juga pemeliharaan dan pengelolaannya harus benar-benar dilaksanakan oleh desa. Tidak tahu persisnya (anggaran IPAL, red), cuma yang pasti bahwa itu sudah diserahterimakan ke desa dan berita acaranya pun ada. Bahwa pengelolaanya itu desa oleh kelompok pemanfaat," kata Kabid Cipta Karya DPUPRP Basel Jasiman, Selasa (19/3/2019).

Ditanya soal bangunan IPAL yang terancam amblas dan sikap dari dinasnya, dia kembali menyangkal karena telah menjadi aset desa dalam bentuk hibah, maka secara otomatis persoalan tersebut sudah menjadi tanggungjawab desa.

"Jadi itu tadi, asetnya bukan lagi tanggungjawan PU. Dan kita tidak bisa juga menganggarkan kegiatan yang notabenya belum tentu menjadi aset PU, karena pengelolaannya bukan di PU, tapi masyarakat. Dibangun oleh KSM, masyarakat sendiri," paparnya.

Menurut dia, pembangunan IPAL di Desa Kepoh itu tidak sedikitpun memakai jasa perusahaan, melainkan masyarakat.

"Saya hanya mau menambahkan begini, sama dengan kita mendapatkan dana pembelian bus. Begitu kita terima bus ini, langsung kita serahkan ke BUMDes, sudah selanjutnya pemeliharaan ke desa. Seharusnya mereka menganggarkan (pemeliharaan IPAL) di ADD," timpal Plt Kepala DPUPRP Basel Sormin.

loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com