• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Maknyusss.....Lima Makanan Ini Identik dengan Indonesia!

Kamis, 21 Februari 2019 | 09:44 WIB
Gado-gado
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia telah menetapkan lima makanan nasional. Kata Tenaga Ahli Co-Branding Kemenpar, Vita Datau, penetapan tersebut dilakukan agar orang tahu fokus kuliner Indonesia di tengah super beragamnya jenis makanan Tanah Air. "Kita menetapkan makanan nasional untuk menjadi lokomotif food yang mewakili destinasi kuliner di Indonesia. Syaratnya (makanan nasional)  juga harus bisa ditemui di resto Indonesia yang ada di luar negeri," katanya saat ditemui dalam acara peluncuran 21 menu baru Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (21/2/2019).

Lalu, apa saja kelima makanan nasional tersebut? Berikut adalah ulasan singkat lima makanan nasional Indonesia.

1. Rendang

Randang atau rendang adalah masakan khas Sumatera Barat dari daging yang bercita rasa pedas. Randang dibuat dari berbagai bumbu dan rempah-rempah yang melimpah. Cara membuat randang memang tak rumit, tapi proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama agar randang menjadi kering dan berwarna hitam pekat. Dan pada 2017 lalu, media internasional CNN menganugerahi rendang sebagai  makanan paling enak di dunia.

2. Sate

Siapa sih yang tak suka sate? Makanan dengan konsep daging ditusuk ini sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Beberapa jenis sate yang paling hits adalah sate madura, sate Padang, sate klathak, sate maranggi sampai sate lilit dari Bali.

3. Nasi Goreng

Nasi goreng bisa jadi bukan makanan original Indonesia, tapi nama Nasi Goreng sendiri sudah lama mendunia dan menjadi salah satu makanan paling digemari wisatawan asing saat berkunjung ke Indonesia. Nasi goreng bisa ditemui tak hanya di gerai pinggir jalan, tetapi juga pedagang kaki lima sampai restoran bintang lima. Nasi goreng favorit? Tentu saja nasi goreng kampung yang melegenda itu.

4. Soto

Soto memiliki nama lain seperti sroto, sauto, tauto, atau bahkan coto. Soto sendiri merupakan makanan khas Indonesia seperti sop atau kuah yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Ada beberapa jenis soto yang populer mulai dari soto Betawi, Soto Banjar, soto Lamongan dan Coto Makassar.

5. Gado-gado

Gado-gado terbuat dari aneka sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan taburan bumbu kacang atau saus kacang tanah dan yang dihaluskan. Gado-gado sendiri dikenal sebagai salah satu jenis salad tradisional Indonesia. Makanya banyak wisatawan asing yang merasa senang dengan gado-gado karena dianggap sebagai makanan sehat kaya serat.

 

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com