• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rupiah Makin Lemah Di Rp 14.422 per USD, Ini Biang Keladinya

Kamis, 19 Juli 2018 | 11:00 WIB
Ilustrasi. Foto : Net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) semakin tak berdaya dan masih berkutat di level Rp 14.400-an per USD. Energi kekuatan Dolar AS ini didongkrak oleh pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell. Melansir Bloomberg Dollar Index, Kamis(19/7) pukul 09.15 WIB, Rupiah pada perdagangan spot exchange melemah 8 poin atau 0,05 persen ke level Rp 14.422 per USD. Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp 14.415-14.422 per USD.

Sementara itu, Yahoofinance mencatat Rupiah melemah 15 poin atau 0,10 persen menjadi Rp 14.415 per USD. Dalam pantauan Yahoofinance, Rupiah berada dalam rentang Rp 14.398-14.415 per USD. Analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, pergerakan mata uang Dolar paman Sam masih bergerak positif seiring optimisme yang disampaikan Gubernur The Fed, Jeremy Powell. Dalam pidato Powell, kata Reza, The Fed percaya bahwa ekonomi AS akan bertumbuh stabil dan risiko dari imbas adanya perang dagang akan cenderung mengecil.

Klik Juga : Harga Telur Mulai Babak Belur

"Akibat dari sentimen tersebut, laju Rupiah cenderung tertekan dan kembali melemah," ujar Reza di Jakarta, Kamis (19/7). Adanya sentimen tersebut, kata Reza, dikhawatirkan dapat membuka peluang pelemahan terhadap Rupiah. Disamping itu, Reza menambahkan, adanya Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang sementara ini diperkirakan akan tetap mempertahankan suku bunganya diharapkan dapat menahan pelemahan Rupiah lebih lanjut. "Jika tidak, waspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah," pungkasnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com