• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kehadiran PT ILB Tingkatkan Daya Saing Ekspor Timah Indonesia

Selasa, 11 Juli 2017 | 08:54 WIB
Foto : net
Loading...

Klikbabel.com,Jakarta - Indonesia Commodity and Derivatives Exchange- ICDX segera mengoperasikan anak perusahaannya yakni PT ICDX Logistik Berikat- ILB tahun ini. Beroperasinya ILB tersebut seiring dengan keluarnya Peraturan Dirjen Bea Cukai, Kementrian Keuangan, tentang PLB Ekspor pada 13 Juni 2017 lalu. Berpusat di Pangkalpinang, nantinya ILB akan menjadi sentra produksi terbesar komoditi timah. 

"Alhamdulillah, kesempatan ini untuk pertama kalinya kami publikasikan Perdirjeb Bea Cukai tentang PLB Ekspor. Peraturan itu telah terbit pada 13 Juni 2017 lalu. Memang pembahasan peraturan itu cukup menyita waktu, karena ada banyak masukan dari berbagai instansi terkait yang harus dipertimbangkan," demikian dikatakan Kepala Seksi Fasilitas Kepabeanan, Ditjen Bea Cukai, Kementrian Keuangan, Dorothea Sigit dalam konferensi pers Pra penyelenggaraan Indonesia Tin Conference and Exhibition- ITCE, di Jakarta, Senin (10/7/2017).

Dorothea Sigit menegaskan segera melakukan sosialisasi terhadap peraturan tersebut. Ia juga yakin dengan adanya peraturan tersebut akan meningkatkan daya saing komoditi ekspor Indonesia di mata dunia. "Kebijakan ini akan meningkatkan kepercayaan pengusahan asing dalam perdagangan komoditi melalui PLB ekspor. Saya mengapresiasi langkah strategis ICDX mendirikan ILB, sehingga terjadi integrasi antara pasar komoditas dan pasar keuangan", kata Dorothea Sigit.

Sebagaimana diketahui, ICDX sebagai perusahaan induk merupakan perusahaan yang terbentuk atas dasar Permendag No. 78/M-DAG/PER/12/2012 jo. Permendag No. 32/M-DAG/6/2013 dan kemudian disempurnakan menjadi Permendag No. 44/M-DAG/PER/7/2014, jo. Permendag No. 33/M-DAG/PER/11/2015, tentang Ketentuan Ekspor Timah. Tujuan dari kebijakan itu untuk menciptakan pasar timah yang teroganisir, adil dan transparan di dalam negeri. 

"Disamping itu, akan tercipta acuan harga timah di dalam negeri dan dapat mendorong berkembangnya industri hilir timah. Sebab selama ini hampir 90% produksi timah diekspor ke berbagai negara", ujar Kepala Bappebti, Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi.

Dengan adanya acuan harga timah di dalam negeri, tambah Bachrul, maka pemerintah dapat menggunakannya sebagai variabel pengambilan keputusan maupun perhitungan royalti timah ekspor. "Pasar fisik timah untuk penyerahan kemudian - forward market sangat berpotensi sebagai sumber pembiayaan produsen- smelter timah. Mekanisme yang digunakan dengan bukti kepemilikan penyimpanan timah di gudang menjadi jaminan bagi lembaga keuangan dalam memperoleh pembiayaan sehingga tercipta pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan," tutupnya.

Loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com