• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Waspada 4 Bahan Ini Bila Dimasukan Kemakanan

Sabtu, 03 Juni 2017 | 15:08 WIB
Muhammad Bagir, Kasi Pemeriksaan Penyidikan sertifikasi dan layanan informasi konsumen (Pemdikserling) BPOM Pangkalpinang
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang – Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) Kota Pangkalpinang melakukan sidak di beberapa lokasi Pasar Ramadhan di Pangkalpinang, Jum'at (02/06/17).

Salah satunya kawasan pasar Ramadhan masjid Jamik yang  memang sudah rutin dilakukan pemeriksaan ditiap tahunnya.

Kasi Pemeriksaan Penyidikan sertifikasi dan layanan informasi konsumen (Pemdikserling) BPOM Pangkalpinang Muhammad Bagir mengatakan, meskipun BPOM sudah sering melakukan pemerisaan terhadap makanan berbuka puasa, namun masyarakat tetap harus waspada.

Menurutnya masyarakat dapat mengenal makanan yang berbahaya atau tidak degan melihat ciri-ciri dasarnya terlebih dahulu.

“Cara agar bisa mencirikan makanan yang layak dikonsumsi dan yang tidak layak dikonsumsi dilihat secara kasat mata. Kalau secara kasat mata biasanya bisa kita lihat dari segi warna yang sangat mencolok dan begitu cerah mengkilap, serta  teksturnya terlampau amat keras,” Ujarnya.

Ia pun menghimbau agar masyarakat berhati-hati memilih makanan untuk berbuka puasa, karena apabila dikonsumsi secara terus menerus maka akan sangat berbahaya untuk kesehatan.

"Ada 4 bahan yang tergolong berbahaya seperti boraks, formalin, protamine B dan metanil yellow yang seharusnya tidak ditambahkan ke dalam makanan. Efeknya memang tidak secara langsung, tapi biasanya sekitar 5-10th terakumulasi kalau dimakan secara terus menerus, umumnya dapat menyebabkan kanker,” Jelasnya.

 

(Rolamsyah)

Loading...
loading...


Penulis  : Angga
Editor    : Angga S
Sumber : klikbabel.com