• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


93 Sample Jajanan Berbuka Puasa Di Periksa BPOM, Ini Hasilnya

Sabtu, 03 Juni 2017 | 14:44 WIB
Muhammad Bagir, Kasi Pemeriksaan Penyidikan sertifikasi dan layanan informasi konsumen (Pemdikserling) BPOM Pangkalpinang
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bersama Dinas Kesehatan kota Pangkalpinang, melakukan pemeriksaan kelayakanan jajanan buka puasa di beberapa Pasar Ramadhan yang ada di pangkalpinang.

Ada 4 tim yang di kerahkan di beberapa titik Pasar Ramadhan, Yakni kawasan Air Itam sampai Semabung, kawasan Masjid Jamik sampai Jalan Mentok, jalan Ahmad Yani, Pasar pagi, Bukit Merapin dan Tua Tunu, yang terakhir kawasan Kelurahan Opas, Gabek dan Selindung.

Makanan yang di ambil samplenya, kemudian langsung diuji di mobil laboratorium.

“Semua jenis-jenis makanan jajanan buka puasa yang kita curigai kemungkinan terdeteksi adanya  zat-zat berbahaya seperti boraks, formalin, protamine B dan methanyl yellow,” Ujar Muhammad Bagir, Kasi Pemeriksaan Penyidikan sertifikasi dan layanan informasi konsumen (Pemdikserling) BPOM Pangkalpinang, Jum’at (02/06/17).

Semua sampel tesebut di tes menggunakan uji cepat atau Rapid Test Kit yaitu hanya sebagai deteksi awal saja.

“Alat tes yang digunakan hari ini cuma pakai uji cepat saja, sebagai deteksi awal syukur tidak ada yang positif, kalau memang ada yang positif biasanya kita proses lagi ke laboratorium,” Jelasnya.

“Untuk hasil hari ini yang di sampel dari pangkalpinang ada 93 sampel totalnya, dan semuanya Alhamdulillah tidak terdeteksi boraks, formalin, protamine B dan metanil yellow,” Tambahnya.

 

(Rolamsyah)

Loading...
loading...


Penulis  : Angga
Editor    : Angga S
Sumber : klikbabel.com