• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Selain Tak Berizin, Advice Planning Tambak Udang di Tanjung Ketapang Sempat Ditolak

Jumat, 20 September 2019 | 14:36 WIB
Kabid Perikanan DPPP Basel Abdulhaq.
Loading...

Klikbabel.com, Toboali -  Tambak udang yang berada di kawasan Merbau, Kelurahan Tanjung Ketapang, Bangka Selatan, dipertanyakan dan dikeluhkan oleh masyarakat yang berada di Kecamatan Toboali.

Pasalnya, pembangunan tambak udang tersebut terus berlangsung meski dikabarkan pihak perusahaan belum satu pun mengantongi perizinan sama sekali.

Menanggapi informasi tersebut, Kabid Perizinan DPMPPTSP dan Perindag Basel M Faisal Orywika mengaku belum menerima informasi soal tambak udang tersebut.

"Coba ke bidang perikanan, pak Lurah Tanjung Ketapangnya sudah dikonfirmasi belum. Konfirmasi langsung ke OPD teknisnya ya," ujar Orywika yang mengaku sedang cuti, Jumat (20/9).

Menurut dia, ihwal tambak udang tersebut bisa dikonfirmasikan langsung ke OPD teknis di bidang perikanan. Sebab, syarat dan teknisnya ada di instansi perikanan tersebut.

Kabid Perikanan DPPP Basel Abdulhaq menambahkan, pengajuan pembangunan tambak udang di kawasan Merbau tersebut sempat dilakukan penolakan. Karena kawasan itu masuk wilayah pemukiman.

"itu memang waktu pengajuan advice planning memang ditolak. Karena Merbau merupakan kawasan permukiman, kenapa proses pembangunan masih berjalan, artinya mereka membandel," ujarnya.

Ditanya soal sikap pemkab terkait tambak udang tersebut, dirinya akan melakulan koordinasi terlebih dahulu dengan Kepala DPPP Basel Suhadi. Untuk mengambil langkah berikutnya.

"Nanti akan saya laporkan dulu ke kadis, terkait langkah berikutnya. Setahu saya, belum ada perizinan apapun yg dikeluarkan oleh pemkab. Karena advice planning adalah tahap awal sebelum masuk ketahapan perizinan dan lain-lain," ujarnya.

Terkait masalah perizinan, dirinya menyarankan awak media untuk mengkroscek langsung ke bidang perizinan DPMPPTSP dan Perindag. Alasannya, domainnya ada di bidang perizinan.

"Mungkin bisa langsung ke bidang perizinan PTSP, karena domainnya mereka. Kami hanya memberikan tinjauan atau rekom teknis apabila advice planningnya dikeluarkan. Maksudnya setelah advice planning keluar," tambah dia.

Abdulhaq menerangkan, dirinya tidak tahu persis nama dan alamat perusahaan yang membuka usaha tambak udang tersebut. Karena menurut dia berkas pengajuan izin belum masuk ke instansi bidang perikanan.
"Saya tidak hafal, karena berkas mereka blm masuk ke kami. Mungkin bisa di tanyakan ke bidang tata ruang Dinas PUPRPHub," papar Abdulhaq.

Sementara, Lurah Tanjung Ketapang Ifan saat dimintai konfirmasi mengatakan, perizinan tambak udang tersebut masih dalam proses. Untuk lebih lanjutnya, kata dia, mungkin bisa ditanyakan ke Camat Toboali.

"Dalam proses pak. Masih dalam proses pak izinnya. Untuk lebih lanjut bapak bisa tanyakan pak camat Toboali Pak Jusvinar," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com