• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


26 Desa di Bangka Selatan Belum Punya Perpustakaan

Selasa, 16 Juli 2019 | 21:00 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pembentukan perpustakaan di desa-desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) saat ini belum bersifat prioritas lantaran terbatasnya anggaran daerah. Terdata, baru sekitar 24 desa yang telah membentuk perpustakaan dari 50 desa yang ada.

"Untuk kelurahan baru satu yang membentuk perpustakaan. Untuk target pembentukan perpustakaan memang ada namun bukanlah hal prioritas," ujar Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca DKP Basel Somad, Selasa (16/7).

Somad menerangkan, pihaknya terus berupaya menekankan dan berkoordinasi kepada pemerintah desa agar membentuk perpustakaan. Akan tetapi, keterbatasan anggaran selalu menjadi kendala untuk merealisasikannya.

"Keberadaan perpustakaan tiap desa itu penting untuk menunjang pengetahuan dan minat baca masyarakat. Karena kegiatan literasi bukan hanya untuk usia dini, tapi juga untuk mereka yang telah lanjut usia. Untuk membudayakan semangat literasi," jelasnya.

Dia berharap, dengan semakin banyaknya perpustakaan di desa dapat menjadi media untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dari kegiatan membaca. Bisa juga memunculkan keahlian dengan membaca yang berimbas meningkatnya kesejahteraan di masyarakat.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com