• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Abidin Gunakan Modal Rp30 Juta dari PT Timah untuk Beli Bibit Sawit

Rabu, 03 Juli 2019 | 21:11 WIB
Bibit sawit
Loading...

Klikbabel.com, Airgegas- Abidin, warga RT 009 Desa Airgegas, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengaku terbantu akan kehadiran PT Timah Tbk yang gencar melakukan pembinaan kepada masyarakat sebagai mitra binaan.

Pasalnya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang pertambangan atau eksplorasi timah tersebut telah memberikan bantuan berupa permodalan untuk usaha kebun sawit pada sektor perkebunan miliknya.

"Ini baru pertama kali saya menerima bantuan berupa modal dari PT Timah. Alhamdulillah, dari pengajuan 80 juta dan cairnya 30 juta. Jadi kita bisa beli lahan, pupuk, racun dan keperluan lainnya seperti bibit," ujar Abidin, Rabu (3/7) kepada Klikbabel.com.

Selain itu, bunga yang diberikan dalam bantuan permodalan tersebut dinilai kecil. Sehingga tidak begitu memberatkan dirinya dalam membayar cicilan tiap bulannya. Apalagi, saat ini, untuk mencari dana pinjaman untuk modal usaha terbilang sulit.

"Belum kita lakukan penanaman, karena kondisi cuaca masih panas. Tapi lahan maupun keperluan lainnya sudah siap, jadi kalau musim hujan nanti langsung kita mulai. Terima kasih lah untuk PT Timah yang telah membantu kita," ujarnya.

Sebelumnya, Abidin mengaku sempat kebingungan akan kondisi ekonomi di keluarganya. Anjloknya harga komoditas unggulan lokal seperti sahang, sawit dan karet mengakibatkan tabungan yang dia miliki habis secara perlahan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Alhamdulillah ada bantuan begini. Kalau gak ada, aduh kita mau bilang gimana ya, anak pada mau sekolah semua. Ada yang masih kuliah, kita kan sebagai orang tua mau bayar keperluan itu dari usaha. Sedangkan untuk usaha, sebelumnya tidak ada," kata dia.

Dia berharap, PT Timah Tbk selalu memberikan bantuan permodalan kepada para petani dan program-program yang membantu masyarakat kecil dapat selalu dilakukan dan dalam pelaksanaannya terlaksana dengan baik.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com