• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KPK RI Tunggu Laporan Indikasi Suap dalam Raihan Opini WTP

Rabu, 19 Juni 2019 | 23:12 WIB
Ardiansyah, Koordinator Wilayah I KPK RI. (Foto : Devi Putra/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Toboali - Mendapatkan predikat Opini WTP dari BPK menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi pemerintah provinsi/kabupaten yang berhasil meraihnya. Pasalnya, laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. 

Bukan hanya sebatas prestasi, raihan opini WTP berdampak kepercayaan pemerintah pusat semakin besar kepada daerah. Imbasnya, pemerintah pusat akan memberikan reward berupa Dana Insentif Daerah (DID) yang menembus angka miliaran rupiah.

Untuk di Provinsi Bangka Belitung (Babel) sendiri, beberapa daerah yang berhasil meraih predikat Opini WTP terdapat kasus catatan dan temuan atas ketidakpatuhan mengelola keuangan. Tentu ini memunculkan tanda tanya dibalik prosesnya. Hingga predikat itu diterbitkan.

"Tanya BPK lah, yang ngasih opini kan BPK, bukan kita. Kalau ada informasinya (indikasi suap dalam prosesnya), sampaikan boleh. Nggak masalah," ujar Koordinator Wilayah I KPK RI Ardiansyah, Rabu (19/6/2019) usai menghadiri rakor bersama Pemkab Basel di Gedung Bappeda Basel. 

Secara tupoksinya, Ardiansyah menilai BPK hanya melihat penyajian laporan keuangan. Kalaupun ada indikasi permainan dibalik proses pemeriksaan penyajian laporan keuangan hingga diterbitkan predikat WTP, dia meminta informasi tersebut disampaikan ke KPK RI.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com