• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kreatifitas Pembelajaran di Alam Terbuka

Sabtu, 19 Januari 2019 | 09:34 WIB
Gusnia, penulis Opini "Kreatifitas Pembelajaran di Alam Terbuka". (Foto : Facebook)
Loading...

Oleh : Gusnia (Guru SD Muhammadiyah Toboali)


DALAM Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 Pasal 1 dijabarkan tentang guru dan dosen.  Berfokus kepada peran guru, adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 

Seorang guru memiliki peran diatas sesuai dengan amanat Undang-undang untuk menyampaikan ilmu-ilmu yang dimiliki kepada muridnya. Guru merupakan sumber belajar murid. Dari guru-lah, murid diajarkan membaca, menulis dan berhitung. Serta dari guru-lah, murid mendapat pengetahuan baru dan pendidikan karakter. 

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. 

Di sisi lain, pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif). Juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik. 
Namun proses pembelajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik. Alam adalah media yang sangat baik untuk proses perkembangan kecerdasan peserta didik. 

Ada banyak hal yang bisa dikenalkan kepada peserta didik. Biasanya, alam juga memberikan suasana berbeda bagi sang buah hati untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan. 

Ada beragam manfaat anak belajar di alam terbuka yang perlu Anda ketahui. Adanya ruang lingkup alam menjadi titik temu kreatifitas pembelajaran dialam terbuka. Sebagai guru menjadi sebuah tuntutan agar pembelajaran menjadi suatu kreatif dan menarik. 

Sebuah lembaga yaitu SD Muhammadiyah Toboali menjadi wadah yang menarik bagi pembelajaran untuk siswa, dimana mereka menerapkankan pembelajaran di SD Muhammadiyah menggunakan alam terbuka sesuai dengan lokasi sekitar yang ada di SD Muhammadiyah. Kesan dan pengalaman siswa tersebut menjadi menarik dikarenakan kegiatan belajar yang tidak membuat mereka merasa bosan dan menjadi suatu kelebihan bagi mereka  bersemangat untuk belajar.

 

Tidak hanya itu, dampak kegiatan belajar di alam terbuka yaitu mereka lebih mudah memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Memang, belajar di alam terbuka lebih menarik dibandingkan belajar di ruang kelas. Dan itu membuat tambahan yang bagus untuk kegiatan belajar yang lebih menarik kedepannya.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com