• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cuaca Buruk Penyebab Harga Ikan Naik

Kamis, 19 Juli 2018 | 23:41 WIB
Ilustrasi ikan yang diperdagangkan di pasar. (Foto : net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Angin kencang dan buruknya cuaca di laut menjadi penyebab naiknya harga jual ikan di beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Pangkalpinang. Dengan kondisi cuaca seperti ini menyebabkan sedikitnya para nelayan untuk pergi melaut.

Salah satu pedagang, Usman (40) mengatakan, kondisi cuaca laut beberapa minggu terakhir memang sedang buruk sekali, sehingga membuat para nelayan agak sulit untuk pergi melaut. "Harga jual memang naik beberapa minggu ini, untuk harga ikan kembung sendiri biasa kami jual sekitar Rp 40.000/kg naik sebesar Rp 50.000/ kg. Ini terjadi karena kurangnya tangkapan nelayan," ungkapnya.

Lanjutnya, kenaikan harga ikan ini tidak bisa dihindari karena pasokan ikan dari nelayan juga berkurang setelah daerah ini dilanda angin kencang, sehingga memicu kenaikan harga ikan di pasar Kota Pangkalpinang. "Kendati harga ikan laut segar terus mengalami kenaikan, namun permintaan konsumen masih tinggi. Para pembeli masih tetap membeli ikan sekalipun harga ikan mahal," ucapnya.

Sementara, salah satu masyarakat, Sopiah (56) mengatakan, naiknya beberapa harga komoditas bahan pokok sudah biasa terjadi pada bulan-bulan sekarang ini, tapi akunya, kenaikan beberapa harga komoditas bahan pokok tidak terlalu signifikan. 

"Harga sayuran juga naik, sayur kangkung biasanya hanya 4.000 sekarang mencapai 10.000. Tapi untuk yang lainnya pada hari ini sudah banyak yang turun, cuma harga ikan yang masih bertahan tinggi, mungkin karena cuaca buruk ini. Ya namanya mau makan pak, naik tidak naik harus dibeli, tapi naiknya juga jangan terlalu tinggi bahaya pak," imbuhnya.



Penulis  : Aditya
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com