Klikbabel.com


Petani Lada Mulai Panen

Kamis, 21 Juni 2018 | 08:44 WIB
Haji Yanto saat memanen lada miliknya. Foto : Ist

Klikbabel.com, Pemali - Petani lada di sejumlah wilayah di Bangka Belitung (Babel) mulai panen. Haji Yanto, salah satu petani lada asal Keceper, Kecamatan Pemali ini menuturkan, bersyukur tahun ini bisa melakukan panen. Meski pun kata dia, belum sepenuhnya bisa dipanen. "Karena ada yang masak duluan, ada yang belum. Jadi tidak serentak," kata dia, Kamis (21/6/2018).

Menurutnya, sebelum dipanen, terlebih dahulu harus bisa membedakan mana buah lada yang sudah siap dan mana yang belum siap dipetik. "Karena sudah biasa berkebun lada, jadi tidak bingung lagi untuk membedakan buah yang sudah masak atau belum," katanya. Setelah dipetik dikatakannya, lada harus direndam di air selama kurang lebih dua pekan. "Baru setelah itu dijemur sekitar 3 hari. Kalau cuaca panas terik," ujarnya.

Klik Juga : Dirikan Pabrik Zircon, Ribuan Tenaga Kerja Bakal Terserap

Yanto menuturkan, penyakit kuning masih terus menjadi momok bagi petani lada. Ia tak menapik, tahun ini kebun lada yang ia kelola juga terkena penyakit kuning. "Dari tahun kemarin sudah kena," ujarnya. Beruntung kata dia, tidak semua lada terkena penyakit kuning.   

 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com

Topik