• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


MUI akan Klarifikasi Imam Salat Id di Karebosi yang Takbir 1 Kali

Jumat, 15 Juni 2018 | 11:26 WIB
Foto: Salat Id di Lapangan Karebosi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Makassar - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel akan bertanya ke Hasan Basri selaku imam Salat Idul Fitri di Lapangan Karebosi, Makassar. Salat Id di Karebosi pada hari ini tidak biasa karena takbir rakaat pertama hanya 1 kali.

"Iya saya sempat dengar itu, selama ini kan kita kalau salat itu rakaat pertama 7 kali takbir dan kedua 5 kali takbir, apakah lupa atau pemahamannya seperti itu, itu kita mau tanyakan," kata Sekretaris MUI Sulsel, HM Renreng, di Makassar, Jumat (15/6/2018).

Renreng menjelaskan, sesuai landasan hukumnya pelaksanaan Salat Idul Fitri harus menggunakan 7 kali takbir dan 5 pada rakaat kedua. 

Klik Juga : Ahok Ucapkan Selamat Idul Fitri Lewat Tulisan Tangan

"Kalau sesuai landasan hukumnya harus pakai 7 kali takbir dan 5 kali," jelasnya. 

MUI menyatakan sesuai aturan harusnya rakaat pertama menggunakan 7 kali takbir dan 5 kali takbir pada saat kedua. Renreng juga mengingatkan peran makmum sangat penting saat pelaksanaan salat berjamaah maupun salat Idul Fitri. 

"Cuma kalau salat itu harus diingatkan, itulah perannya makmum kalau lupa ya harus diingatkan," ujarnya.

Klik Juga : Presiden Jokowi Salat Id di Kebun Raya Bogor

Salat Id yang digelar di lapangan Karebosi dihadiri PJ Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, Wali Kota Makassar Moh Ramadhan Pomanto, Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, Ketua DPRD Sulsel, M Roem, Kota Makassar, Farouk M Beta dan Pimpinan Forkompimda

Loading...


Penulis  : zahrulhadi
Editor    : Zahrul
Sumber : Detik.com