Klikbabel.com


RIP Yahoo Messenger

Senin, 11 Juni 2018 | 01:19 WIB
Ilustrasi Yahoo Messenger. Foto : net

Klikbabel.com - Buat pengguna Yahoo Messenger, ini adalah akhir dari salah satu aplikasi pesan instan pertama di pasar. Kabarnya, layanan akan berhenti pada 17 Juli mendatang.

Langkah ini dilakukan perusahaan untuk memiliki aplikasi perpesanan yang dapat bersaing dengan Facebook dan aplikasi perpesan lainnya di ponsel.\

Klik Juga ; Ngaku Trauma Gagal Menikah

“Saat ini tidak ada produk pengganti yang tersedia untuk Yahoo Messenger,” tulis pernyataan perusahaan.

“Kami terus-menerus bereksperimen dengan layanan dan aplikasi baru, salah satunya adalah aplikasi messaging undangan grup yang disebut Yahoo Squirrel (saat ini dalam versi beta),” tambahnya lagi.

Squirrel adalah aplikasi pesan grup Yahoo memulai pengujian bulan lalu.

Yahoo belum memecah pengguna aktif Messenger untuk beberapa waktu dan secara teoritis siapa pun yang masuk ke properti Yahoo apa pun masuk ke Messenger.

"Secara kumulatif selama 20 tahun terakhir, ratusan juta orang telah menggunakan layanan itu," kata perusahaan.

Perusahaan mengatakan ID Yahoo Anda tetap utuh untuk layanan lain seperti Mail dan e-sport. Sayang, alasan penutupan Messenger ini tidak disampaikan secara rinci oleh perusahaan.

Seperti diketahui, aplikasi perpesan saat ini didominasi WhatsApp, Messenger Facebook, Snapchat, WeChat dan sejumlah lainnya. Selain Yahoo Messenger, Oath juga menutup AIM, aplikasi perpesanan yang setara dengan AOL, pada bulan Oktober mendatang.

Klik juga : Sejarah Gnome Diungkap di Google Doodle Hari Ini

"Kami tahu kami memiliki banyak penggemar setia yang telah menggunakan Yahoo Messenger sejak awal sebagai salah satu aplikasi obrolan pertama dari jenisnya," tulis pernyataan perusahaan lagi.

Namun, dikarenakan lanskap komunikasi terus berubah, perusahaan fokus membangun dan memperkenalkan alat komunikasi baru yang menarik yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Selain itu, perusahaan, sebagai bagian dari Oath, kini dimiliki oleh Verizon, raksasa telekom. Ironisnya, perusahaan telekomunikasi dunia yang pendapatannya telah kanibalisasi sebagian oleh layanan olahpesan over-the-top, kehancuran Yahoo Messenger tidak terkait dengan itu.

Yahoo mengatakan bahwa Anda dapat mengunduh riwayat obrolan Anda di Messenger selama enam bulan ke depan. File masuk ke komputer atau perangkat Anda, tetapi tidak secara khusus ke aplikasi perpesanan lain.

Yahoo Messenger pertama kali melakukan debutnya sebagai cara Yahoo Pager pada tahun 1998, pada saat pesan instan dilakukan melalui PC, sebagai alternatif untuk email dan SMS pada perangkat seluler dasar.

Tetapi seperti layanan lain dalam pesan generasi pertama itu, peran dan fungsi Messenger dengan cepat dilampaui oleh layanan berbasis seluler yang lebih cepat dan lebih fungsional, serta aplikasi pesan seluler khusus. Khususnya, WhatsApp dibuat oleh mantan karyawan Yahoo.

Klik juga : Alasan PAN Serius Dukung Amien Rais Lawan Jokowi di Pilpres 2019

Pada tahun-tahun sesudahnya, Yahoo telah meraih sukses dengan adanya Yahoo Messenger di ponsel, yang saat ini menempati peringkat 160 di iOS dan 117 di Android dalam kategori jejaring sosial, menurut App Annie. Upaya lain untuk membangun produk pesan baru telah berumur pendek.

Oath dan pemiliknya, Verizon, jelas berada di tengah-tengah perubahan besar secara organisasi dan strategis. Perusahaan hari ini juga mengumumkan bahwa Lowell McAdam akan mengundurkan diri sebagai CEO Verizon, untuk digantikan oleh Hans Vestberg, mantan CEO Ericsson yang hingga kini menjadi CTO Verizon



Penulis  : zahrulhadi
Editor    : Zahrul
Sumber : Suara.com