• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ternyata Begini Sistem Resi Gudang

Jumat, 10 November 2017 | 12:02 WIB
Sosialisasi Sistem Resi Gudang di Kabupaten Basel (Wiwin/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Untuk mengantisipasi harga lada yang terus merosot, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) mulai menerapkan sistem resi gudang sebagai salah satu solusi untuk menstabilkan kembali harga lada

Sosilaisasi sistem resi gudang (SRG) lada yang dilaksanakan pada tanggal 9 November 2017 di gedung diklat Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. Perwakilan PT BGR (Bhanda Ghara Reksa) selaku perusahaan milik negara yang mengelola gudang sistem resi gudang lada, Hari mengatakan bahwa sistem resi gudang tidak susah dan sangat menguntungkan petani.

"Sistem resi gudang ini tidak rumit dan menguntungkan petani karena ekspor dan harga lada akan terkendali," ungkapnya.

Menurutnya petani lada yang mengikuti sistem resi gudang cukup membawa lada yang dikemas dalam karung 50 kilogram dan kadar airnya sudah sesuai standar yakni minimal 13% yang kemudian dititipkan di gudang yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Kemudian menurutnya PT BGR akan mengeluarkan resi berbentuk surat layaknya deposito sebagai bukti untuk dijaminkan ke bank atau melalui pasar lelang jika sewaktu-waktu petani membutuhkan uang.

Jika petani belum membutuhkan uang, tambahnya, resi tersebut tetap disimpan dan petani dapat mengambilan lada titipannya di gudang jika sewaktu-waktu harga lada mulai membaik dan pemilik lada ingin menjualnya. Ia juga menambahkan lada yang dititipkan di gudang sudah menjadi tanggungjawab pengelola gudang.

Loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com