• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Disperindagkop Babel akan Kumpulkan Para Tengkulak Lada

Selasa, 31 Oktober 2017 | 12:29 WIB
Kepala Disperindag Babel, Yuliswan.(Foto : Ramandha/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung, Yuliswan mengakui, dalam proses penerapan resi gudang lada nanti, pihaknya akan berhadapan dengan tengkulak dalam menerapkan Sistem Resi Gudang (SRG) Lada di Babel.

Dikatakan Yuliswan, pihak Disperindagkop provinsi sendiri, menolak jika disebut bersaing dengan para tengkulak, sebab rapa tengkulak kedepan akan dikumpulkan dalam sebuah pertemuan. "Kami menolak jika disebut bersaing dengan para
tengkulak, sebab rapa tengkulak kedepan akan dikumpulkan dalam sebuah pertemuan," ujarnya. 

"Kami bukannya mau memotong rezeki tengkulak, para tengkulak akan kami ajak, supaya ada pemahaman bersama, satu persepsi," jelasnya, Selasa (31/10/2017) kepada klikbabel.com melalui siaran persnya.

Ditambahkan Yuliswan, SRG juga akan membuat sistem perdagangan lada menggunakan sistem Lelang satu pintu. Ditambahkannya lagi, pihaknya juga sudah meminta Pemkab Beltim menyiapkan lahan untuk gudang komoditas lada, guna melaksanakan SRG di Beltim.

"Untuk sistem satu pintu nanti, misalnya, di gudang terkumpul banyak lada, mereka perlu (tengkulak), oke sama-sama, eksportir yang ada ini tapi pakai sistem lelang, istilahnya satu pintu. Kami juga sudah meminta Pemkab Beltim menyiapkan lahan untuk gudang komoditas lada, guna melaksanakan SRG di Beltim,''tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com