• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Lada di Resi Gudang akan Ada Tingkatan Berdasarkan Kualitas

Senin, 30 Oktober 2017 | 15:49 WIB
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat diwawancarai wartawan. Foto : (Ramandha/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Sistem resi gudang yang diinisiasi oleh Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan dimaksudkan untuk membuat pengelolaan lada secara komunal, yang diharapkan agar para petani lada lebih bergairah untuk mengembangkan produksi dan hasil panen ladanya tersebut, akan dimulai pada November.

Erzaldi mengatakan, resi gudang tersebut untuk membentuk ketahanan dan ketersediaan lada untuk komoditas ekspor dari lada Babel sendiri sehingga dapat meningkatkan harga serta kualitas. ''Resi gudang ini juga untuk membentuk ketahanan dan ketersediaan lada di komoditas ekspor dari lada Bangka Belitung kita ini, sehingga dapat meningkatkan harga serta kualitasnya,''jelasnya, Senin (30/10/2017).

Ditambahkan Erzaldi, untuk menjaga kualitas dari lada tersebut, lada akan masuk proses sterilisasi untuk membunuh bakteri yang mungkin terdapat dari lada.Sebelum masuk resi gudang akan dilakukan penyinaran terhadap lada dan nantinya terdapat tawaran seperti lada super atau lada tidak super, seperti jenis lada super 1, 2, 3, harganya akan berbeda.

''Sebelum masuk resi gudang, akan kita sinarkan ladanya. Nantinya ada dua tawaran, lada super atau lada tidak super. Untuk super ada super 1, 2, 3, harganya pun beda beda. Termasuk yang sudah bebas bakteri berapa," tutupnya. 

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / release