• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Erzaldi : Resi Gudang Lada Demi Para Petani

Senin, 30 Oktober 2017 | 15:44 WIB
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan ketika berbincang dengan petani lada (Foto : ist)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan kembali menginisiasi pengelolaan lada secara komunal dengan program Resi Gudang Lada yang diharapkan dengan program baru tersebut, petani lada akan lebih bergairah untuk mengembangkan produksi dan hasil panen ladanya.

Erzaldi mengatakan, sistem resi gudang tersebut memang salah satu program Pemerintah Provinsi Babel, untuk memberdayakan petani lada di Babel yang akan direalisasikan pada November 2017 kedepan.

''Gudang sudah ada, kita pinjam ada di Kota Pangkalpinang. Insya Allah November sudah dapat kita mulai. Untuk koperasinya sudah selesai, tinggal di notariskan, selanjutnya dibawa ke Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk didaftar,''jelasnya, Senin (30/10/2017).

Dikatakan Erzaldi, rencananya sistem pengelolaan resi gudang lada, akan melibatkan kelompok tani dan pemprov Babel sudah melatih dan memberikan sertifikat kepada operator resi gudang tersebut. Nantinya para petani bisa menitipkan lada dengan jumlah minimum 200 kilogram dan tidak ada batas maksimal, selain itu para petani bisa menentukan harga lada yang akan mereka jual.

''Kita akan sosialisasikan ke para petani. Jangan sampai mereka titip menitip Lada kepada para pengepul, lebih baik langsung saja ke resi gudang lada yang difasilitasi pemerintah dan bagi Petani yang akan menitipkan ladanya, minimal 200 kg, kalau belum dapat 100, dia bisa ngumpul dengan yang lain," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / release