• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Mau Nikah? Calon Pengantin Wajib Ikut Pelatihan 18 Jam Dulu

Jumat, 27 Oktober 2017 | 10:35 WIB
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat diwawancarai wartawan. Foto : (Ramandha/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Seminar tentang sukses keluarga berencana digelar BKKBN Bangka Belitung yang dimaksudkan untuk memberi pengetahuan tentang keluarga sehat. Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, menginginkan melalui seminar ini pembangunan desa bisa berdampak pada kualitas sumber daya manusia di Babel.

''Meningkatnya kualitas penduduk maka bukan tidak mungkin bonus demografi bisa didapat sehingga sumber daya alam tambahan dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat,''Kamis sore (26/10/2017) di Pangkalpinang.

Sementara itu, menurut sata BKKBN menyebutkan, Indonesia menempati ranking 37 dari negara dengan presentase pernikahan usia muda tinggi di dunia dan berada di posisi kedua tertinggi di ASEAN. Ditambahkannya lagi, jika ditarik dalam skala yang lebih kecil, Babel menempati posisi ke empat tertinggi persentase pernikahan usia muda setelah Kalimantan Selatan.

Dalam kondisi tersebut, ia memunculkan gagasan tentang kebijakan menikah untuk sertifikasi nikah untuk calon pengantin muda yang juga dimaksudkan untuk menciptakan keluarga yang paham tujuan menikah. ''Sertifikat ini merupakan syarat mendapatkan buku menikah," jelasnya. 

"Kami akan membuat aturan yang didalamnya penghulu akan memberikan pelatihan dimulai dari tingkat desa dengan durasi 8 jam, di kecamatan 6 jam, di kabupaten 4 jam, materinya tentang pernikahan, ketika sudah lulus materinya dapat sertifikat ini yang dijadikan syarat untuk mengajukan pernikahan, jadi semacam sertifikat siap nikah,''tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / release