• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Wawako : Ada Penindakan Hukum Tambang Ilegal akan Hilang

Senin, 23 Oktober 2017 | 15:46 WIB
Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian saat dwawancarai wartawan.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Untuk memberikan efek jera kepada penambang ilegal di Pangkalpinang, Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian akan memberikan tindakan hukum. Menurutnya, langkah efektif dalam memberantas penambangan ilegal di Pangkalpinang harus dilakukan dengan penindakan hukum. 

Dengan adanya penindakan hukum yang tegas terhadap penambang, diharapkan dapat memberikan efek jera bagi mereka (penambang) sehingga tidak lagi melakukan penambangan ilegal. " Jika kita hanya mengandalkan Satpol PP saja maka hal ini tidak akan tuntas karena sanksinya sangat ringan, namun apabila ada tindakan hukum dari pihak terkait saya rasa penambangan ilegal pasti bisa diatasi, minimal mengurangi," ujar Sopian, Senin (23/10/2017).

Hanya saja, dikatakan Sopian, alasan klasik penambangan ilegal ini adalah masalah ekonomi, maka aparat penegak hukum, Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) harus duduk bersama untuk mencarikan solusi. "Hal ini tidak bisa diselesaikan seorang diri, namun sinergitas seluruh komponen masyarakat, baik Pemerintah, aparat penegak hukum sampai elemen masyarakat terkecil harus mengambil peran masing-masing sehingga permasalahan tersebut terselesaikan," pintanya. 

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah bahwa di wilayah perkotaan Pangkalpinang khususnya tidak ada kawasan pertambangan. "Jadi revisi Peraturan Daerah (Perda) ataupun Peraturan Walikota (Perwako) Rancana Tata Ruang Wilayah (RTRW) saya rasa tidak akan bisa dilakukan karena mengingat wilayah perkotaan tidak diperbolehkan adanya kawasan pertambangan," tegas Sopian.

Loading...


Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com