• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Soal Izin Pertambangan PT Kampit Tin Utama, Wagub : Jangan Diputar Balik

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 10:28 WIB
Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah saat diwawancari wartawan.(Foto : Yodea Putri/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Mengenai tudingan DPRD Kabupaten Belitung Timur (Beltim) yang mengatakan tindakan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) yang mengeluarkan perizinan pertambangan PT. Kampit Tin Utama yang keluar pada 2017, mendapat tanggapan dari Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah.

Ia mengatakan terkait mengenai izin eksplorasi dan ekspoitasi dari PT Kampit Tin Utama dikeluarkan oleh Kabupaten Belitung Timur (Beltim). "Bahwa mengenai Izin eksplorasinya itu adalah yang mengeluarkan dariĀ  Pemerintahan Kabupaten Beltim kemudian izin eksploitasi dikeluarkan juga oleh Kabupaten Beltim," katanya kepada klikbabel.com, Jumat (21/10/2017.

"Disini kan hanya mengeluarkan yang sudah lengkapkan, tidak ada tempat kewenangan Provinsi untuk tidak mengeluarkan. Misalnya masalah mengenai layak atau tidaknya rencana kebijakan anggaran bisnis memang disini (Pemprov) lihatnya," tambahnya.

Menurutnya, jika proses eksploitasi dan eksplorasi telah dikeluarkan, setelah itu melanjutkan pengajuan izin mengenai masalah pergerakan kapal di Provinsi. "Setelah dua proses sudah dilalu, terus kemudian setelah itu perizinan mengenai masalah pergerakan kapal itu ya Provinsi, tapi misalnya masalah bagaimana tempat dimana keberadaan kapalnya itu pihak pelabuhan,"paparnya.

Wagub pun menuturkan agar tidak memutar balik masalah. "Jadi jangan diputar balik masalahnya, yang paling fundamentalnya yaitu adalah izin ekspoltiasi dan eksplorasi masih dikeluarkan oleh Pemkab Beltim waktu itu dan kewenangannya itu belum sebagaimana yang dimaksud oleh Undang-undang Pemerintahan Daerah waktu itu,"lugasnya.

Ia juga mengaku bahwa kebijakan anggaran bisnis ditahun 2017 lalu dilakukan sebelum pada masa jabatannya. "Memang namun jika untuk anggaran kebijakan bisnis nya memang dilakukan ditahun 2017, tapi itu juga sebelum zaman kami. Bukan berarti kami yang membuat,"akunya.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com