• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Wakil Ketua Dewan akan Gelar Rakor Soal Pertambangan Ilegal

Kamis, 19 Oktober 2017 | 16:33 WIB
Suasana penambangan ilegal di sudut kota Pangkalpinang.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Belum mendapatkan solusi terkait masalah pertambangan ilegal di Kota Pangkalpinang, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang D.M.A.Gandhi akan melakukan Rapat Koordinasi (Rakor). Hal ini patut untuk dilakukan pasalnya dikatakan Gandhi untuk mencari solusi kedepannya, mengingat terkait masalah pertambangan ilegal di Pangkalpinang tanpa adanya ketegasan dari pihak Pemerintah.

"Kalau pun penambang ingin memanfaatkan hasil kekayaan bumi itu silahkan, kita sangat terbuka sama siapapun, hanya saja mohon kiranya penambang menghargai eksistensi Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang yang secara regulatif mengatur persoalan itu di Peraturan Daerah (Perda) Rencangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) nomor 1 tahun 2012," tegas Gandhi. 

Selain itu pihak penambang juga harus menghargai masyarakat sekitar yang merasa dirugikan atas permasalahan tersebut, terlebih mereka yang kontra terhadap persoalan ini. "Lebih baik kita duduk bersama melakukan audiensi dengan Kepala Daerah serta DPRD agar tidak main kucing-kucingan. Mumpung dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) DPRD akan memasukan revisi Perda RTRW tersebut tahun 2017 untuk di bahas," jelasnya.  

Selama ini permasalahan pertambangan merupakan masalah klasik. "Kami sudah pernah membahas ini hanya saja setiap kali adanya penertiban/razia para penambang sepi, tapi besoknya pasti muncul lagi begitu seterusnya, jadi dalam hal ini yang dirugikan adalah Pemerintah, penambang serta masyarakat sekitar. Semua lost lost solution!," ungkap Gandhi.

Loading...


Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com