• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Disperindag akan Beri Pelatihan Keamanan Pangan untuk Pelaku IKM

Sabtu, 30 September 2017 | 16:13 WIB
Yuliswan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel. (Foto: Yodea Putri/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Kepala Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Yuliswan menyatakan dalam waktu dekat Disperindag akan memberikan pelatihan keamanan pangan kepada para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

"Alhamdulillah kita udah ada beberapa binaan untuk IKM dan pak Gubernur (Erzaldi Rosman Djohan-Red) juga menginstruksikan kepada kita ada 1000 sertifikat halal. Dan Disperindag tahun ini, InsyaAllah saya ingin tambah lagi namanya pelatihan keamanan pangan kepada 250 para pelaku usaha IMKM,"kata Yuliswan kepada klikbabel.com beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pelatihan keamanan pangan ini sekaligus mengeduksi kepada pelaku IKM terkait bagaimana memproduksi pangan olahan sebelum mendapatkan sertifikat halal. "Gunanya supaya dia sebelum halal dia dapat dulu untuk Pelatihan Industri Rumah Tangga (PIRT) itu harus dilatih dulu keamanan pangan baru turun ke lokasi, bagaimana cara prosesnya, tempatnya, jenisnya, bahan-bahannya itu kita tingkatkan
Insyallah tahun depan selaku tuan rumah produk IKM kita ini menuju halal food internasional,"Sebutnya.

Lebih lagi lanjut Yuliswan, jumlah IKM pangan olahan berkisar kurang lebih 6 ribu pelaku IKM. "Jumlah IKM cukup meningkat saat iniĀ  jumlah IKM kita 12.847 unit jadi ini banyak pengolahan pangannya hampir 54 persen bisa dikira kurang lebih 6 ribuan pelaku IKM-nya,"tuturnya.

"InsyaAllah akan terus kita tingkatkan produksi olahan dari produk IKM kita, apalagi tahun depan Babel menjadi tuan rumah halal food internasional," tutup Yuliswan.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com