• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Marcy Marliem Mohon Doa Lewat Facebook

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 10:27 WIB
Tangkapan Layar Facebook milik Marcy Marliem.
Loading...

Klikbabel.com, Amerika Serikat - Pasca kematian Johannes Marliem, saksi kunci kasus korupsi e-KTP, sebuah informasi menyebar di Amerika Serikat melalui akun facebook yang ditulis oleh seseorang bernama Marcy Marliem. Marcy dalam statusnya memohon orang-orang dekat dan keluarga untuk mendoakan mereka.

“Suami dan jantung hati saya meninggal dunia kemarin. Semoga semua orang mengingat hal-hal kecil dan besar yang telah dilakukannya. Ia adalah anak yang bertanggungjawab, ayah yang mencintai, abang yang penuh kasih, teman yang tanpa pamrih dan yang terpenting ia adalah suami yang penuh pengabdian.”

Pemilik Rekaman Pembicaraan Pertemuan e-KTP

Johannes Marliem pada 18 Juli 2017 berbicara pada Koran Tempo lewat fasilitas FaceTime, mengklaim bahwa ia memiliki rekaman pembicaraan dengan sejumlah politisi yang diduga merekayasa kasus e-KTP, termasuk Ketua DPR dan Ketua Partai Golkar Setya Novanto, yang kemudian dinyatakan sebagai salah satu tersangka.

Rekaman itu dibuatnya pada setiap pertemuan yang ia ikuti selama empat tahun untuk membahas proyek mega-skandal itu. Koran Tempo melaporkan rekaman itu berukuran 500 giga bita danbisa menjadi bukti menyelidiki lebih lanjut skandal korupsi Rp2,3 triliun itu.

Johannes Marliem merupakan direktur Biomorf Lone LLC, sebuah perusahaan yang berkantor di Amerika dan telah mengerjakan proyek sistem identifikasi sidik jari otomatis (AFIS) untuk e-ID, semacam tanda pengenal.

Donatur Politik

Nama Johannes Marliem dan istrinya Mai Chie Thor juga ada dalam daftar donatur Partai Demokrat di Amerika, meskipun keduanya diselimuti kontroversi. Sebuah biro analisis catatan publik dan media di Minnesota, Februari 2014 lalu melaporkan meskipun mereka dinyatakan bersalah atas pelanggaran berat tahun 2010 dan rumah pasangan itu disita bank tahun 2009

Mereka tetap memberikan sumbangan hingga 225 ribu dolar untuk pelantikan Obama tahun 2013, atau lebih dua kali lipat dari sumbangan yang diberikan Alida Rockefeller Messinger, mantan istri Gubernur Mark Dayton ketika itu. Johannes dan istrinya juga mengumpulkan sumbangan hingga 70 ribu dolar dan memberikan sumbangan pribadi sebesar 2.500 dolar untuk kampanye Obama tahun 2012.

Loading...


Penulis  :
Editor    :
Sumber : VOA, Tempo