• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pameran Arkeologi Timah Jawab Kritik Masyarakat

Minggu, 11 Juni 2017 | 20:46 WIB
peneliti dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan, Nofri Fahrozi
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang- Balai Arkeologi Sumatera Selatan dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional mengadakan pameran Timah Melebur Budaya. Pameran ini berlangsung 9 sampai 15 Juni 2017 di gedung Panti Wangka, Pangkalpinang. 

Dijelaskan peneliti dari Balai Arkeologi Sumatera Selatan, Nofri Fahrozi kegiatan ini sekaligus menjadi jawaban bagi masyarakat yang selama ini menganggap hasil penelitian tidak pernah dapat diketahui oleh masyarakat luas. “Pameran ini dilaksanakan karena adanya kritik-kritik mendasar dari masyarakat karena dunia arkeologi ini tidak bisa dijangkau oleh masyarakat awam,” ujar Nofri Fahrozi kepada Klikbabel.com, Minggu (11/6/2017).

Dengan dilaksanakan pameran arkeologi ini, pihak peneliti dijelaskan Nofri dapat mempublikasikan hasil penelitian arkeologi yang kaya akan informasi. Kegiatan pameran ini sendiri mendapat animo masyarakat yang cukup baik untuk mengetahui lebih jauh sejarah pertimahan. Jumlah pengunjung yang berdatangan ke pameran ini telah mencapai 250-an orang sampai pelaksanaan hari ketiga. 

Para pengunjung dapat mempelajari sejarah mengenai perkembangan penambangan timah di Pulau Bangka dan pengaruhnya terhadap tatanan sosial masyarakat. “Timah telah membentuk jalan sejarah Pulau Bangka yang menjadikan Pulau Bangka sebagai tempat pertemuan antar etnis dan budaya,” tambah Nofri. 

Etnis Melayu, Cina, Bugis, Jawa, Minangkabau dan Palembang menyatu dengan satu ikatan sejarah sejarah dalam 250 tahun karena timah. "Antar mereka sudah disatukan oleh kedekatan emosional dan perasaan senasib yang mengenyampingkan perbedaan suku, ras, dan golongan," tandasnya.(Wendi)

Loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com